Syiah dan Sunni Melihat Gajah

Saya akan bercerita bagaimana orang yang buta melihat gajah, saya sangat suka dengan cerita ini karena bisa memberikan gambaran bagaimana sebenarnya pertentangan yg tidak perlu bisa terjadi, pertentangan soal agama soal politik dll bisa dijelaskan dengan sederhana, dan bagaimana sebenarnya banyak konflik terjadi karena kita manusia yang egois.

Dahulu kala hiduplah empat orang buta. Mereka sering mendengar tentang gajah. Namun karena mereka semua belum pernah melihatnya, mereka ingin sekali tahu seperti apa gajah itu. Maka mereka beramai-ramai pergi melihat gajah.

Sibuta Pertama memegang belalai gajah yang bergerak kemudian dia kaget dan berteriak “ular ular gajah ternyata seperti ular”

Sibuta kedua mendekati gajah dan memegang kaki gajah kemudian dia berkata ah ternyata gajah ini besar kokoh seperti pohon.

Sibuta ketiga kemudian mendekat memegang telinga gajah. “Kipas!” teriaknya, gajah ternyata seperti kipas.

Sibuta keempat, kemudian mendekati sang gajah, dan memegang ekor gajah yang berayun-ayun. “Aku tahu Katanya. Gajah mirip dengan tali.”

Kemudian keempat orang buta tersebut berdebat dan bertengkar mereka saling berbeda pendapat merasa paling benar dan terjadilah pertengkaran diantara mereka.

Jika ditarik benang ceritany sigajah ini banyak sekali konflik dikehidupan kita terjadi karena kita merasa paling benar termasuk didalam beragama.

Orang suni menafsirkan bahwa islam itu seperti ular karena orang suni kebetulan memegang belalai islam, orang syiah mengatakan bahwa islam itu seperti kipas karena kebetulan dia memegang telinganya islam, kemudian mazhab hanafi berpendapat bahwa islam itu seperti tali, pertanyaannya apakah salah mereka? Siapa yg benar?

Tidak ada yg salah dengan sunni, karena memang gajah memiliki belalai, tidak juga salah orang syiah karena gajah juga memiliki telinga seperti kipas, tidak juga salah mazhab hanafi bilang kalau islam itu seperti tali, demikian juga mazhab yg lainnya selama kitabnya al’quran dan tuhannya alloh tidak ada yg salah lantas siapa yg salah?

Nah ini yg perlu kita sadari yang salah adalah mereka yg merasa paling benar, tidak mau mendengar pendapat orang lain tidak mau menerima pemikiran yg berbeda bahkan sampai menngkafirkan orang yg berbeda pendapat, orang orang seperti inilah yg menjadi biang permasalahan biang pertengkaran biang perpecahan.

Cerita gajah juga bisa menjawab soal pertengkaran didalam politik mereka yg sebenarnya ilmunya naggung berbicara soal politik merasa paling benar bahkan sampai bertikai, berbeda dengan mereka yg paham betul permasalah politik yg sebenarnya mereka hanya akan tertawa melihat badut badut disenayan.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *